Minggu, 30 Juni 2013

Cara Menambahkan Teks di File PDF dengan Adobe Reader XI

Menambahkan teks pada file PDF dengan mudah dan cepat
Sudahkah Anda update ke Adobe Reader XI? Jika sudah tentu kaget dengan perubahan drastis yang dibuat oleh Adobe di versi terbaru ini. Nah buat yang belum, segera update ke versi terbaru ini karena tips kali ini tidak akan bisa dilakukan di Adobe Reader versi sebelumnya. Yap, di versi terbaru ini Anda dapat menambahkan teks bila ada yang kelupaan.

Dokumen PDF mempunyai reputasi sebagai jenis dokumen yang aman karena tidak dapat dimodifikasi apalagi jika Anda menerapkan berbagai fitur keamaan di dalamnya. Namun begitu, rasanya perlu juga ada kelonggaran sedikit terutama untuk authornya sendiri karena di situasi tertentu bukan tidak mungkin Anda lupa menuliskan nama Anda di bagian akhir dokumen atau sekedar memberikan warning hak cipta di dasar dokumen.
  • Buka dokumen PDF Anda dengan menggunakan versi terbaru Adobe Reader.
  • Klik ikon bertanda dokumen dengan pin yang diberi lingkaran merah di gambar di bawah ini, kemudian akan muncul sebuah panel menu baru di sebelah kanan Anda lalu klik Add Text.
Add Text ke file PDf menggunakan Adobe Reader
  • Kemudian letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan, kemudian sesuaikan jenis huruf, ukuran dan warna melalui toolbar baru yang muncul setelah itu baru ketikkan teks yang Anda butuhkan.
Proses edit teks pada file PDF menggunakan aplikasi Adobe Reader
Sangat mudah dan simpel, selanjutnya Anda harus menyimpan perubahan tersebut ke dalam komputer Anda. Fitur ini sangat inovatif, namun sayang belum bisa merubah kesalahan ketik di dalam dokumen PDF sehingga apabila Anda tambahkan teks di tempat yang sudah penuh dengan teks justru akan tertimpa dan merusak dokumen.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...