ciri ciri khusus makhluk hidup

Label:

Ciri khusus beberapa hewan
                Berbagai hewan memiliki ciri khusus dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hewan yang berbeda tempat hidup, jenis makanan, atau kebiasaanya memiliki cirri khas tertentu. Berikut ini akan dibahas beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh beberapa hewan.
1.     1  Kelelawar
Kelelawar banyak ditemukan di dalam gua-gua yang sangat gelap. Selain gua, kelelawar dapat tinggal di langit-langit rumah. Ada juga yang menggantung di ranting-ranting pohon. Agar dapat menggantung, kelelawar mempunyai cakar di bagian atas sayapnya.
Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dabat terbang. Kelelawar mencari makan pada malam hari. Mengapa kelelawar dapat terbang dengan bebas tanpa menabrak pada malam hari yang sangat gelap?
Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan sestem sona. Kelelawar mengeluarkan bunyi dan frekuensi yang tinggi ( bunyi ultrasonic) sebanyak mungkin. Kemudian, ia mendengarkan bunyi pantulan tersebut dengan indra pendengaranya. Dengan cara itu, kelelawar dapat mengetahui letak suatu benda dengan tepat, sehingga kelelawar mampu terbang dalam keadaan yang gelap tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya. Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan system sonar dikenal dengan istilah ekolokasi. Ciri lain yang di miliki hewan ini, yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.
2.       2 Mata dan pandangan yang tajam pada burung hantu
Burung hantu mencari makanan pada malam hari. Makanannya berupa tikus, serangga, burung kecil, kadal, dan ikan. Burung hantu memiliki cakar yang tajam untuk mencekram mangsanya. Tempat-tempat hidup biasanya di pohon serta gunung-gunung yang tinggi. Untuk mencari mangsa, burung hantu memiliki mata dan telinga yang sangat tajam. Mata burung hantu sangat lentur disebabkan pupil matanya dapat membuka cukup lebar dan mampu menyerap sinar atau cahaya yang ada pada malam hari.

3 3    Bentuk paruh dan kaki pada bebek
Paruh bebek berbentuk seperti sudut yang sesuai untuk mencari makanan di tempat becek, berlumpur, dan air. Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Selain lapisan minyak pada tubuh bebek, hewan ini mempunyai cirri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

4.    4   Kaki lengket pada cicak dan tokek
      Cecak dan tokek merupakan hewan jenis reptile yang dapat merayap di dinding atau di langit-langit rumah. Mengapa cicak tidak jatuh atau terpeleset saat  merayap di dinding? Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan system perekat. System perekat ini di bangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Degan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa trpeleset.
      Selain itu cicak juga memiliki ciri khusus yang lain untuk melindungi dari diri musuhnya, yaitu memutuskan ekornya. Ekor cicak yang telah putus dapat tumbuh lagi seperti semula.

5.     5  Lidah panjang dan lengket pada bunglon
      Bunglon mempunyai kulit tubuh yang dapat berubah warna sesuai dengan warna tempat hingapnya. Kemampuan mengubah warna tunuh sesuai dengan tempat hinggap disebut mimikiri. Dengan menggunakan matanya, bunglon dapat mengukur jarak dengan mangsanya. Jika mangsa dapat dicapai, bunglon akan melontarkan lidahnya yang lengket. Panjang lidah bunglon hanpir sama dengan sepanjang tubuhnya. Lidah itu akan menarik mangsa/serangga ke dalam mulutnya.

6.      6 Punuk pada unta
      Unta hidup dipadang pasir yang kering dan gersang. Di lingkungannya itu unta mampu melakukan perjalanan panjang tanpa makan dan minum, mengapa demikian? Unta memiliki punuk pada punggungnya, ada yang memiliki satu atau dua punuk. Punuk tersebut binatang yang tidak berkringat dan hanya sedikit sekali mengeluarkan korban.
      Unta dapat hidup di gurun karena unta memiliki bulu mata panjang yang berguna untuk menghalangi cahaya matahari dan untuk menghalangi pasir agar tidak masuk ke mata. Selain itu, unta mampu menutup lubang hidungnya untuk menghindari pasir yang tertiup angin. Kakinya panjang supaya badanya jauh dari permukaan tanah yang panas. Kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki ini secara khusus diciptakan untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terprosok, kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki meruppakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.

7.      7 Semburan ikan pemanah
      Ikan pemanah hidup di air tawar. Makananya berupa serangga-serangga kecil seperti cupang, lalat, dan serangga. Untuk memperoleh mangsanya, ikan pemanah menyemburkan air tepat pada mangsanya. Ketika serangga mangsa jatuh ikan pemangsa langsung menyambar dan memangsanya.

8.     8  Penguin
      Penguin adalah hewan yang hidup di daerah dingin. Anehnya penguin tidak merasa kedinginan. Bulu tebal dan lemak di bawah kulitnya terdapat banyak lemak membuat penguin seperti memakai baju yang berlapis-lapis. Oleh karena itu, penguin tidak merasa kedinginan meski berada di daerah dingin. Seperti bebek, penguin juga mempunyai selaput pada sayap dan kakinya untuk berenang.

9.      9 Sengatan listrik ikan sidat
      Ikan sidat mampu menghasilkan listrik dengan tegangan 650 v atau 3 kali tegangan listrik di rumah. Teganagn listrik yang sangat besar ini dapat menyebabkan musuh ikan sidat pingsan. Tegangan listrik ikan sidat juga berguna untuk membantu penglihatan. Dengan adanya tegangan listrik ini ikan sidat mampu memancarkan listrik yang dipantulkan benda di sekitar ikan sidat sehingga dapat bergerak tanpa menabrak benda di sekitarnya.

110.   Ular
      Ular mempunyai indra penciuman sangat tajam. Lidah ular dapat digunakan untuk mencium bau mangsanya. Pada langit-langit mulutnya terdapat organ khusus yang disebut organ Jacobson. Saat ular menjulurkan lidahnya, ia mengumpulkan partikel-partikel kimia di udara. Partikel tersebut di hantarkan ke sel-sel saraf di organ Jacobson sehingga ular itu dapat merasakan bau mangsanya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...